FPIK UMI Bahas Peluang Investasi dan Strategi Adaptasi Perikanan Kelautan Hadapi Iklim Global Artikel ini telah tayang di Tribun-Timur.com dengan judul FPIK UMI Bahas Peluang Investasi dan Strategi Adaptasi Perikanan Kelautan Hadapi Iklim Global

FPIK UMI Bahas Peluang Investasi dan Strategi Adaptasi Perikanan Kelautan Hadapi Iklim Global Artikel ini telah tayang di Tribun-Timur.com dengan judul FPIK UMI Bahas Peluang Investasi dan Strategi Adaptasi Perikanan Kelautan Hadapi Iklim Global

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Muslim Indonesia menggelar Seminar Ilmiah Nasional III 2023 dengan tema Peluang Investasi dan Strategi Adaptasi Perikanan Kelautan Dalam Menghadapi Iklim Global.

Acara yang diikuti puluhan dosen dan mahasiswa tersebut berlangsung di Hotel M-Regency, Jl Daeng Tompo, Kota Makassar, Sabtu (18/11/2023).

Hadir sebagai pembicara Direktur Usaha dan Investasi Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (DJPDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Catur Sarwanto.

Kemudian Sub-koordinator Bidang Manajemen Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar Muflihah, dan Dosen FPIK UMI Dr Danial Sultan.

Direktur Usaha dan Investasi DJPDSPKP KKP Catur Sarwanto menjelaskan, peluang investasi bidang perikanan dan kelautan di Indonesia, khususnya di Sulsel sangat besar.

Olehnya, pemerintah memberikan berbagai kemudahan investasi, misalnya saja kemudahan perizinan.

“Pemerintah memberikan kemudahan, saat ini kita berbasis perizinan satu sistem,” jelas Catur.

Kemudahan perizinan ini diharapkan bisa mempermudah calon investor mengurus perizinan usaha, yang saat ini menjadi salah satu menjadi kendala.

Catur menuturkan, untuk menangkap peluang tersebut, pemerintah juga menekankan pentingnya mendorong ekonomi biru.

Tujuannya adalah untuk memberikan ruang hidup sumber daya ikan di laut agar bisa dilindungi dan dimanfaatkan untuk ekonomi berkelanjutan.

Dalam mendorong manfaatkan sumber daya laut, tesebut, Catur menyebut peran serta teknologi sangat penting.

“Kita juga membutuhkan kerja bersama berbagai pihak, agar mengoptimalkan sumber daya yang ada,” tambah Catur.

Dekan FPIK UMI Dr Abdul Rauf menjelaskan, kegiatan seminar nasional ini rutin dilaksanakan FPIK.

Adapun peserta disasar dosen, mahasiswa, hingga instansi yang terkait dengan bidang kelautan dan perikanan.

“Tujuannya untuk mengakomodir semua dosen peneliti yang mempublikasikan hasil penelitiannya,” jelasnya.

Abdul Rauf menyebut, hasil seminar nasional ini diharapkan bisa memberikan masukan atau solusi agar kelautan dan perikanan bisa lebih berkembang.

“Ini sekaligus agar bisa beradapsi dengan kondisi global saat ini, dengan iklim global ini memberikan banyak dampak,” tambahnya.

Wakil Rektor III UMI Nur Fadhilah Mappaselleng menambahkan, seminar nasional ini diharapkan menghasilkan solusi untuk mengatasi masalah yang terjadi saat ini.

“Saya berharap seminar ini menghasilkan sesuatu yang baru, buat kalangan di bidang kelautan dan perikanan,” harap Nur Fadhilah(*)



Artikel ini telah tayang di Tribun-Timur.com dengan judul FPIK UMI Bahas Peluang Investasi dan Strategi Adaptasi Perikanan Kelautan Hadapi Iklim Global, https://makassar.tribunnews.com/2023/11/18/fpik-umi-bahas-peluang-investasi-dan-strategi-adaptasi-perikanan-kelautan-hadapi-iklim-global?page=2.
Penulis: Rudi Salam | Editor: Saldy Irawan



Previous Pengurus Lembaga FPIK UMI Diberikan Pelatihan Pendidikan Karakter dan Penyelenggaraan Jenazah
Next FPIK UMI Muhasabah Akhir Tahun bersama Pengurus Lembaga Mahasiswa FPIK UMI Batch II

About author

You might also like

Berita Fakultas0 Comments

Alhamdulillah, Ir. Ernaningsih, MP, Dosen Perikanan UMI Raih Doktor

Satu lagi dosen tetap Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UMI Ir. Ernaningsih, MP meraih gelar doktor dalam bidang ilmu Perikanan dengan predikat “sangat memuaskan” , setelah mempertahankan disertasi yang berjudul

Berita Fakultas0 Comments

Pengurus Lembaga FPIK UMI Diberikan Pelatihan Pendidikan Karakter dan Penyelenggaraan Jenazah

Makassar, umi.ac.id – Fakultas Perikanan dan Ilmu Keluatan (FPIK) Universitas Muslim Indonesia menggelar Pelatihan Pendidikan Karakter dan Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah bagi pengurus lembaga dalam lingkup FPIK UMI di Aula Prof. Dr. Ir.

Kegiatan Dosen0 Comments

Dr. Ir. Asbar, M.Si : PENGARUH ANGIN TIMURAN TERHADAP AKTIVITAS PENANGKAPAN IKAN

Kamis, 18 Juni 2020. Kegiatan Webinar Aktivitas Perikanan Memasuki Musim Angin Timuran di Sulawesi Selatan. Kegiatan Webinar ini berlangsung menggunakan aplikasi zoom. Tiga narasumber yang berpartisipasi dalam kegiatan webinar, salah

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply