Alhamdulillah, Ir. Ernaningsih, MP, Dosen Perikanan UMI Raih Doktor

Satu lagi dosen tetap Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UMI Ir. Ernaningsih, MP meraih gelar doktor dalam bidang ilmu Perikanan dengan predikat “sangat memuaskan” , setelah mempertahankan disertasi yang berjudul “ Bioekologi dan Eksploitasi Ikan Kerapu (Grouper) di Kepulauan Spermonde Sulawesi Selatan”, dihadapan Tim Penguji yang dipimpin Prof. Dr. Eng. Herman Parung, Meg, di Aula Pusat Kegiatan Penelitian (PKP) Unhas, Rabu 21 Januari 2015.

Sidang promosi doktor dihadiri Rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar, MA, Dekan Fak. Perikanan dan Ilmu Kelautan UMI Dr. Ir. Asbar, M.Si, dosen dan karyawan Fak. Perikanan UMI.

Ernaningsih memaparkan, Ikan Kerapu (Grouper) merupakan salah satu ikan ekspor dengan nilai ekonomis yang tinggi, sehingga intensitas penangkapan oleh nelayan juga cukup tinggi, tanpa memperhatikan besar kecilnya, menyebabkan ikan kerapu ini terancam punah, karena pemanfaatannya/penangkapannya sudah melebihi dari batas maksimal.

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan keragaman parameter biologis ikan kerapu, meliputi struktur ukuran, panjang berat, laju pertumbuhan, laju moralitas, laju eksploitasi dan ukuran layak tangkap.

Penelitian dilaksanakan selama 8 (delapan) bulan , mulai Juli 2013 – Februari 2014 di Pulau Sarappo, Pulau Lumulumu dan Pulau Langkai wilayah Kepulauan Spermonde Sulsel.

Hasil penelitian menunjukkan jenis ikan kerapu yang lertangkap 5 genera, Plectropomus spp merupakan genera yang terbanyak tertangkap (45,63%). Panjang total rata rata ikan kerapu sunu (P. leopardus) semakin kecil, menurun searah pada pulau dengan tekanan penangkapan tinggi, hubungan panjang berat allometrik minor, kecepatan pertumbuhan di tiga pulau lambat, laju mortalitas penangkapan lebih tinggi dari mortalitas alami, ukuran ikan yang tertangkap didominasi
oleh ukuran tidak layak tangkap. Kondisi tutupan karang tergolong buruk hingga baik, tutupan karang hidup berkorelasi positif dengan keragaman jenis dan kelimpahan ikan karang di Pulau Lumulumu dan Pulau Langkai. Hasil tangkapan persatuan upaya semakin rendah pada pulau dengan tekanan penangkapan tinggi. Ikan kerapu sunu (P. leopardus) mengalami overfishing.

Dari hasil penelitain direkomendasikan, perlu ada upaya dari pemerintah untuk mengatur jumlah tangkapan, ukuran ikan, pengukuran ukuran mata jaring sehingga ikan yang masih kecil tidak tertangkap, dan yang tidak kalah pentinganya adalah adanya upaya penyebaran kembali, sehingga pengelolaan ikan kerapu dapat berkelanjutan. Disamping itu, perlu ada kebijakan dari pemerintah untuk mengontrol adanya pelarangan penangkapan yang menggunakan bom, karena dapat berpengaruh terhadap kerusakan karan sebagai tempat hidup ikan kerapu.

“Alhamdulillah, doktor yang dimiliki UMI bertambah lagi, ini menandakan bahwa dari hari ke hari UMI terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya tenaga pengajar,” ujar Rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar, MA saat menghadiri promosi doktor Ernaningsih.

Meningkatnya jumlah dosen yang berkualifikasi doktor, maka proses belajar mengajar akan semakin baik dan berkualitas, ini harapan semua kita semua. Insya Allah ke depan UMI akan terus mengupayakan, supaya dosen yang masih berstatus magister (S-2) segera melanjutkan pendidikan ke jenjang doktor (S-3), demi peningkatan kualitas.

Identitas diri :

Nama : Dr. Ir. Ernaningsih, MP

Tempat Tgl. Lahir : Makassar, 5 Agustus 1957

Pekerjaan : Dosen tetap Fak. Perikanan dan Ilmu Kelautan UMI

Nama Suami : Drs. H. Andi Irwan Pasampuri, MSi

Nama Anak :
Andi Nurul Fadhilah, SH
Andi Afdal Hakim
Andi Ulfah Aziziyah
Andi Ainul Syabithah
Andi Nazwa Amaliah

Previous Reuni Alumni dan Milad 25 Tahun
Next Tingkatkan Kualitas SDM, Perikanan UMI Gelar Raker

You might also like

Guru Besar IPB Beri Kuliah Umum Mahasiswa Perikanan & Ilmu Kelautan UMI

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menggelar kuliah umum, menghadirkan Prof. Dr. Ir. H. Rokhmin Dahuri, MS, Guru Besar Ilmu Perikanan dan Kelautan Institut Pertanian Bogor

Mahasiswa Perikanan UMI Dilatih Berdakwah

Mahasiswa (i) Fakultas Perikanan dan Kelautan UMI dilatih berdakwah di ruang Training Centre Lembaga Pengembangan Dakwah dan Kampus Islami (LPDKI) (25/4). Hadir Wakil Rektor IV UMI KH.M.Zein Irwanto, MA, Dekan

Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UMI Memperoleh Akreditasi

Hasil reakreditasi Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar memperoleh Akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor : 022/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VIII/2011 tanggal 24

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply